Monday, May 4, 2020

Info Lengkap Cara Mengubah Keyboard PC Laptop Menjadi Bahasa Arab Lengkap


Etern -  Memang menulis tulisan arab di komputer tidak terlalu dibutuhkan atau jarang dibutuhkan bagi orang-orang.

Namun beda lagi jika kita terjun di bidang penulisan atau paling tidak sekolah kita ada di bidang agama seperti MTs, SMA dan kuliah jurusan agama Islam.

Keyboard secara default menggunakan bahasa inggris atau bahasa latin, jadi jika digunakan akan menghasilkan tulisan latin normal yang biasa kita baca.

Apabila kita ingin mengubah keyboard atau tulisan ini menjadi huruf arab, maka kita harus mengubah bahasa keyboard tersebut menjadi huruf arab terlebih dahulu, setelah itu barulah kalian bisa menuliskan huruf arab di komputer dengan mudah.

Menulis arab dalam dunia pendidikan sangatlah diperlukan dan merupakan hal yang penting seperti untuk melengkapi makalah, skripsi, dan buku kurikulum.

Bagi sebagian orang mungkin mereka bingung bagaimana cara menulis tulisan arab di komputer. Caranya adalah dengan mengubah bahasa keyboardnya terlebih dahulu, dan caranya tidaklah sulit.

Nah, pada kesempatan kali ini mastekno akan membagian tutorial cara setting keyboard menjadi huruf arab lengkap dengan bagaimana cara menulis huruf arab di ms word dan harakatnya.

Cara Setting Keyboard Menjadi Huruf Arab


Berikut ini akan kami jelaskan cara mengubah keyboard di laptop windows 7, 8, 10. Perbedaan setting keyboard di komputer ini hanyalah masalah versi windows yang kalian gunakan.

Hal ini karena tampilan pada windows 7 berbeda dengan tampilan windows 8 dan 10, namun pada intinya caranya sama.

Dalam tutorial ini saya menggunakan windows 7, 8 dan juga 10. Silahkan kalian pilih versi windows yang kalian gunakan.

Cara Mengubah Keyboard Menjadi Huruf Arab di Windows 7

Berikut adalah tutorial setting keyboard menjadi huruf arab di pc laptop windows 7. Bagi kalian yang menggunakan windows 7, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Nah itulah cara mengubah keyboard menjadi huruf arab di laptop windows 7. Sangat mudah kan? silahkan bagi kalian yang memakai windows 7 bisa langsung di praktikan.

Jika masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar di bawah. Sedangkan bagi kalian yang menggunakan windows 8 dan 10, berikut adalah tutorialnya.


Cara Mengubah Keyboard Menjadi Huruf Arab di Windows 8 dan 10

Berikut ini adalah tutorial setting keyboard menjadi huruf arab di pc laptop windows 8 dan 10. Jadi bagi kalian yang memakai windows 8 dan 10 di pc atau laptop bisa mengikuti tutorial berikut ini.

1. Sama seperti tutorial sebelumnya, pertama-tama silahkan masuk ke Control Panel.

2. Setelah itu silahkan pilih menu Clock, Language, and Region.

3. Kemudian pilih Add a Language.

4. Setelah itu pada menu language preferences, silahkan pilih Add a language.

5. Karena kita akan mengubahnya menjadi bahasa arab, jadi silahkan pilih Arabic dan klik Open.

6. Pilih Arabic (Saudi Arabia) kemudian pilih tambahkan atau Add.

7. Selesai, sekarang huruf arab sudah berhasil ditambahkan kedalam keyboard pc laptop kalian.



No comments:

Post a Comment